Header Background
Tentang
Open Data Jabar
Apa itu Open Data Jabar

Disrupsi era digital saat ini tidak bisa dipisahkan dari penggunaan data. Open Government, Data-Driven Decisions, dan Transparency merupakan beberapa hal yang tengah disorot saat ini dan secara tidak langsung mendorong pemerintah untuk secara adaptif dan kreatif memanfaatkan transformasi digital dalam upaya meningkatkan performa pelayanan publik berbasis data bagi masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, Open Data Jabar hadir sebagai portal data terbuka yang menyediakan data akurat dari seluruh organisasi perangkat daerah di Jawa Barat.

Didasarkan atas Undang-Undang Nomor 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, ketersediaan Open Data Jabar diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan data pemerintah yang akurat dan terbuka untuk secara mudah diakses oleh masyarakat dalam sebuah portal data resmi milik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Hal ini ditujukan untuk meningkatkan pengawasan publik terhadap kinerja Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Begitupun bagi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat diharapkan dapat memiliki media komunikasi terbuka melalui ketersediaan data dan informasi bagi publik. Saat ini, Open Data Jabar dijalankan bersama dengan Satu Data Jabar dengan ketersediaan lebih dari 1.000 dataset telah terintegrasi antara Open Data dan Satu Data Jabar.

Survei Open Data Jabar

Kami ingin mendengar pendapatmu tentang Open Data Jabar!

Klik disini