Header
Ketentuan Penggunaan
Open Data Jabar

Selamat datang di Open Data Jabar yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat ("Diskominfo"). Ketentuan Penggunaan (“Ketentuan”) ini mengatur penggunaan layanan yang disediakan situs domain https://opendata.jabarprov.go.id/ beserta seluruh situs sub-domain tersebut (“Situs”). Open Data Jabar merupakan portal data terbuka yang menyediakan data akurat dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Jawa Barat.

Ketentuan ini merupakan perjanjian yang harus dibaca, dipahami, dan disetujui oleh pengunjung (selanjutnya disebut “Anda” atau “Pengguna”) sebelum mengakses dan/atau menggunakan Open Data Jabar. Ketentuan ini dapat diubah dengan versi yang lebih baru sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Perubahan yang dimaksud akan diinformasikan kepada Pengguna. Dengan mengakses dan menggunakan layanan manapun dari Open Data Jabar, Anda setuju untuk terikat dengan Ketentuan ini. Anda dapat mengakses dan menggunakan Open Data Jabar dengan cara yang diizinkan berdasarkan Ketentuan ini. Jika Pengguna tidak setuju dengan versi terbaru dari Ketentuan Pengguna, maka mohon untuk tidak menggunakan Open Data Jabar.

Harap baca Ketentuan ini dengan cermat karena ketidakpatuhan apa pun dapat mengakibatkan tanggung jawab perdata atau pidana.

Penggunaan Umum

Kecuali jika diizinkan oleh Diskominfo, kami memberi Anda hak non-eksklusif, terbatas, dapat dibatalkan, tidak dapat disublisensikan, dan tidak dapat dialihkan untuk menggunakan Open Data Jabar hanya untuk penggunaan non-komersial pribadi Anda.

Anda setuju bahwa Anda tidak akan, secara langsung atau tidak langsung:
  1. menggunakan Open Data Jabar untuk tujuan komersial apa pun atau untuk kepentingan pihak ketiga mana pun (kecuali diizinkan oleh Diskominfo), termasuk namun tidak terbatas pada menyewakan, menjual, menyewakan, atau secara langsung atau tidak langsung membebankan biaya kepada orang lain untuk penggunaan Open Data Jabar;
  2. menghapus, menghindari, merusak, memotong, menonaktifkan atau mengganggu fitur Open Data Jabar;
  3. mengakses, mengirimkan, atau menggunakan data apa pun yang bukan milik Anda, atau yang Anda tidak diizinkan secara sah untuk mengakses, mengirimkan, atau menggunakan;
  4. menggambarkan secara salah atau membuat klaim palsu atau menyesatkan tentang Open Data Jabar;
  5. menggunakan Open Data Jabar untuk aktivitas ilegal, tujuan yang melanggar hukum, atau tujuan yang dilarang oleh Ketentuan ini atau melanggar Ketentuan ini;
  6. menyebarluaskan celah keamanan yang ditemukan pada Open Data Jabar kepada siapa pun selain kami atas dasar apa pun;
  7. memanfaatkan celah keamanan sebagaimana dimaksud untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.
  8. mengembangkan, mendukung, atau menggunakan perangkat lunak, perangkat, skrip, robot, atau cara dan proses lainnya (termasuk perayap, plug-in dan add-on browser, atau teknologi lainnya) untuk mengambil secara melawan hukum sebagian atau seluruh data yang terdapat dalam Situs;
  9. mengganti atau mengubah tampilan di Situs;
  10. melakukan deep-link pada seluruh produk dan layanan kami untuk tujuan apa pun, tanpa persetujuan kami; dan
  11. menggunakan Open Data Jabar, mengunggah, memposting, atau mengirimkan materi apa pun yang bertentangan dengan hukum dan kesusilaan.

Pembatasan Tanggung Jawab dan Jaminan

Kami tidak bertanggung jawab atas masalah langsung, tidak langsung, insidental, khusus, konsekuensial, termasuk tetapi tidak terbatas, pada masalah informasi, data pribadi, atau kerugian lainnya (bahkan jika kami telah diberitahu tentang kemungkinan masalah tersebut), yang dihasilkan dari:

  1. pelanggaran atau akses tidak sah terhadap Open Data Jabar, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal ataupun fitur yang terdapat dalam Open Data Jabar yang dilakukan oleh Anda dengan cara yang bertentangan dengan Ketentuan ini maupun ketentuan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia; dan
  2. penggunaan informasi yang diperoleh dari pihak ketiga yang terhubung dengan Open Data Jabar.
Kami tidak menjamin bahwa:
  1. Open Data Jabar akan selalu dapat diakses atau digunakan oleh Anda;
  2. Open Data Jabar tidak akan mengalami gangguan, selalu tepat waktu, aman, dan bebas dari kerusakan atau serangan ilegal secara langsung atau pun tidak langsung; dan
  3. Open Data Jabar pada pelaksanaannya selalu berhasil dalam memberikan informasi yang akurat.

Ganti Rugi

Anda melepaskan Open Data Jabar dan pihak ketiga yang terlibat di dalamnya dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk namun tidak terbatas pada biaya hukum yang wajar, yang diakibatkan kelalaian Anda dalam mematuhi isi Ketentuan ini, penggunaan fitur dan/atau layanan Open Data Jabar yang tidak semestinya, dan/atau pelanggaran lainnya terhadap hukum atau hak-hak pihak lain.

Hak Kekayaan Intelektual

Anda mengakui bahwa kami memiliki semua kepemilikan, hak, dan kepentingan, termasuk hak kekayaan intelektual, di dalam dan atas Open Data Jabar, termasuk perangkat lunak apa pun di dalamnya. Anda tidak akan melakukan atau mengizinkan tindakan apa pun yang secara langsung atau tidak langsung mungkin membatasi kepemilikan, hak, atau kepentingan kami. Kecuali secara tegas diizinkan oleh hukum atau kami, Anda setuju untuk tidak mengubah, mengadaptasi, menerjemahkan, menyiapkan karya turunan dari, merekayasa, membongkar, atau mencoba mengambil kode sumber dari Open Data Jabar. Tanpa membatasi hal tersebut di atas, Anda tidak akan menggunakan dengan cara apa pun dan tidak akan mereproduksi kekayaan intelektual serupa apa pun terkait dengan Open Data Jabar, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami.

Pengubahan Layanan

Kami berhak setiap saat dan dari waktu ke waktu untuk mengubah atau menghentikan, sementara atau secara permanen, layanan atau bagian lainnya dengan atau tanpa pemberitahuan. Kami tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atau kepada pihak ketiga lainnya terhadap perubahan apa pun, penangguhan, atau penghentian layanan.

Peraturan yang Berlaku

Ketentuan ini diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia.

Penyelesaian Perselisihan

  1. Anda sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dalam mengenai pelaksanaan Ketentuan ini secara musyawarah dan mufakat.
  2. Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender, maka Para Pihak sepakat bahwa penyelesaian perselisihan tersebut akan diteruskan dan diselesaikan di Kantor Pengadilan Negeri Bandung.

Kontak Informasi

Dalam hal terdapat pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan sehubungan dengan penggunaan Open Data Jabar, Anda dapat mengajukan pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan tersebut melalui email ke data@jabarprov.go.id dengan melampirkan identitas Anda.

Kebijakan Privasi

Ketentuan lebih lanjut mengenai penggunaan data Anda dalam penggunaan situs Open Data Jabar diatur melalui dokumen Kebijakan Privasi.

Diperbaharui per tanggal: 29 Juli 2021

Survei Open Data Jabar

Kami ingin mendengar pendapatmu tentang Open Data Jabar!

Klik disini