Pelajari mengenai Open Data Jabar

Bantuan dan Dokumentasi mengenai Open Data Jabar
Bantuan
Halaman saat ini
Visualisasi

Visualisasi

Apa itu Visualisasi?

Visualisasi merupakan gambaran informasi data tertentu dalam bentuk grafik. Tujuan utama dari visualisasi data adalah untuk mengkomunikasikan informasi secara jelas dan efisien kepada penggunanya melalui grafik informasi yang dipilih, seperti tabel-tabel atau grafik.

Cara mencari Visualisasi

Untuk melakukan pencarian visualisasi, Anda dapat memilih satu diantara tiga cara berikut:

Cara Pertama : Melalui halaman Beranda
  1. Masukkan kata kunci pencarian pada kolom “Cari Dataset, Visualisasi, dan Infografik”, lalu tekan tombol “enter”.
  2. Anda akan diarahkan pada halaman “Pencarian”.
  3. Klik tombol “Visualisasi” untuk mengubah hasil pencarian berdasarkan jenis data visualisasi.
  4. Anda juga dapat memanfaatkan “Filter Organisasi” dan “Filter Topik” untuk membantu pencarian Anda agar lebih spesifik.

Cara Kedua : Melalui halaman Visualisasi
  1. Pilih menu “Visualisasi”.
  2. Masukkan kata kunci pencarian pada kolom “Cari Visualisasi”, lalu tekan tombol “enter”.
  3. Hasil pencarian anda akan muncul dalam bentuk “List Visualisasi”. Tekan tombol “Muat lebih banyak” untuk menampilkan lebih banyak visualisasi jika pencarian yang dilakukan menghasilkan lebih dari 12 visualisasi.
  4. Anda juga d apat memanfaatkan “Filter Organisasi” dan “Filter Topik” untuk membantu pencarian Anda agar lebih spesifik.

Cara Ketiga : Melalui halaman Profil Organisasi
  1. Pilih menu “Organisasi”.
  2. Anda akan diarahkan pada halaman “Organisasi” yang menampilkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Jawa Barat. Pilih salah satu OPD sesuai dengan dataset yang anda cari.
  3. Anda akan diarahkan pada halaman “Profil Organisasi”, Masukkan kata kunci pencarian pada kolom “Cari Data”, lalu tekan tombol “enter”.
  4. Pilih tab “Visualisasi” untuk menampilkan hasil pencarian berdasarkan jenis data visualisasi.
  5. Hasil pencarian anda akan muncul dalam bentuk “List Visualisasi” pada tab Visualisasi. Tekan tombol “Muat lebih banyak” untuk menampilkan lebih banyak dataset jika pencarian yang dilakukan menghasilkan lebih dari 12 visualisasi.
  6. Anda juga dapat memanfaatkan “Filter Topik” untuk membantu pencarian Anda agar lebih spesifik

Cara mengunduh Visualisasi

Untuk mengunduh Visualisasi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Pilih salah satu visualisasi yang ingin diunduh.
  2. Kemudian Anda akan diarahkan pada laman “Detail Visualisasi”.
  3. Klik tombol “Unduh”, lalu pilih format dataset yang diinginkan (Gambar/ PDF)
  4. Klik tombol “Download” pada kotak pop-up yang muncul
  5. Tunggu proses pengunduhan hingga muncul pemberitahuan pada browser bahwa unduh telah berhasil dilakukan

Format Unduh Visualisasi

Open Data Jabar menyediakan dua format data pada proses unduh visualisasi, yaitu:

Gambar

Pada opsi unduh Gambar pada Open Data Jabar format data yang disediakan adalah dalam bentuk .PNG (Portable Network Graphics)

PDF

PDF (Portable Document Format) adalah jenis format dokumen atau berkas untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993. Fungsi PDF adalah untuk membuat dan menyimpan sebuah dokumen yang berisi teks, gambar, dan link, dengan format khusus yang hanya dapat dibuka di komputer yang memiliki program khusus.

Panduan Kontribusi Visualisasi oleh Komunitas

Pendahuluan

Portal Open Data Jabar memfasilitasi masyarakat untuk dapat menampilkan hasil karya Visualisasi Data yang dibangun dengan menggunakan dataset di Open Data Jabar. Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah untuk mengajak dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun Ekosistem Data Jabar sekaligus mempromosikan Ekosistem Data Jabar di masyarakat umum. Informasi yang diberikan pada Visualisasi Data yang ditampilkan dapat diakses langsung oleh seluruh pengguna Open Data Jabar.

Panduan Visualisasi ini bertujuan untuk membantu komunitas dan masyarakat dalam membuat visualisasi interaktif yang sesuai ketentuan dan standar Ekosistem Data Jabar. Harapannya panduan ini dapat membantu teman-teman dalam membuat visualisasi yang sesuai dan dapat dipromosikan ke dalam platform Ekosistem Data Jabar.

Visualisasi Interaktif

Pada Open Data Jabar, jenis visualisasi data yang dibuat oleh masyarakat baik individu maupun komunitas akan dibuat dalam bentuk Tableau Public. Hal ini bertujuan untuk menciptakan visualisasi yang menarik dan interaktif. Disisi lain, akan memudahkan pembaca dalam membaca hasil karya visualisasi teman-teman komunitas.

Dalam pembuatan visualisasi, kami sangat mengharapkan visualisasi yang penulis kumpulkan adalah berbentuk infografik, di mana visualisasi yang dibuat memiliki tujuan penjelasan dan analisis yang ingin diungkapkan penulis berdasarkan hasil pembuatan visualisasi.


Langkah-langkah Mengajukan Visualisasi Open Data Jawa Barat

  1. Baca Panduan Visualisasi Interaktif Open Data Jawa Barat terlebih dahulu. Panduan dapat di akses di sini (Link: Panduan Komunitas: Visualisasi Interaktif Open Data Jawa Barat)
  2. Pilih dataset yang tersedia di portal Open Data Jawa Barat sesuai dengan minat dan manfaatkan sebagai input untuk membuat visualisasi. Unduh data di Open Data Jawa Barat sesuai panduan berikut.
  3. Buat Visualisasi Interaktif pada platform Tableau Public yang disertai dengan pengisian dokumen kelengkapan visualisasi. Dokumen pendamping visualisasi data dapat diakses di sini. (Link: https://bit.ly/Storyboard_JDS )
  4. Kirim kontribusi visualisasi Anda dengan mengunggahnya pada http://bit.ly/Upload-OpenData
  5. Dalam kurun waktu 5 hari kerja, Anda akan menerima email dari tim insight officer (data-insight.jds@jabarprov.go.id) yang berisi konfirmasi dan tanggapan terhadap hasil karya visualisasi. Mohon ditunggu ya!
  6. Apabila hasil visualisasi sudah sesuai kaidah dan tujuan, maka tim insight officer JDS akan meminta file tableau public komunitas untuk diterbitkan di Open Data Jabar.